Program Keahlian Perhotelan

VISI

Menjadi Program Keahlian yang unggul, menghasilkan lulusan yang berkarakter baik, berwawasan Global dan berjiwa entrepreneur serta kompetitif di dunia kerja

MISI

1. Menyiapkan Sumber Daya Manusia yang, Ramah Lingkungan, Orientasi ke Depan, berdedikasi Tinggi, Unggul, Kreatif, Tangguh, Inovatif, tangguh,  berdaya saing tinggi dan Profesional pada bidang keahliannya.

2. Menciptakan suasana pembelajaran yang Bersih, Empati, Rukun, Indah, Menyenangkan, Aman, Nyaman.

TUJUAN

Program Keahlian Perhotelan bertujuan menyiapkan lulusan yang memiliki sikap, pengetahuan dan ketrampilan yang baik dalam bidang Housekeeping (Tata Graha), Front Office (Kantor Depan), dan Binatu (Laundry). Paket Keahlian AKOMODASI PERHOTELAN menyiapkan tenaga ahli menengah yang terampil dalam :

  • Melaksanakan pekerjaan dilingkup Front Office sebagai Reception, Reservation, Telephone Operator, Porter, dan Valet Butler.
    • Melaksanakan pekerjaan dilingkup Housekeeping sebagai Public Area Attendant, Order Taker, Linen and Uniform Attendant, dan Laundry Attendant
    • Melaksanakan pekerjaan di lingkup Food and Beverage Service sebagai Waiter atau Waitress.

RUANG LINGKUP PEKERJAAN

Ruang lingkup pekerjaan bagi lulusan Program Keahlian Perhotelan adalah jenis pekerjaan dan atau profesi yang relevan dengan kompetensi yang tertuang di dalam tabel SKKNI Bidang Akomodasi Perhotelan pada jenjang SMK antara lain adalah:

a. Front Office :

  • Reception
Pengetahuan Pengetahuan Hotel secara Umum, dan struktur organisasi kantor depan hotelPengetahuan tentang pembagian tugas dan uraian pekerjaan dibagian kantor depan hotelPengetahuan tentang tugas pokok/ fungsi dari kantor depan hotelPengetahuan tentang tools and equipment kantor depan hotelPengetahuan prosedur receptionPengetahuan tentang tipe kamar dan harga kamarPengetahuan tentang perubahan kamarPengetahuan tentang tingkat hunian kamarPengetahuan tentang administrasi dan laporanPengetahuan tentang alat pembayaran serta tata cara penggunaannyaPengetahuan tentang business center (Typing, Internet)Pengetahuan tentang tata cara menerima tamu, menerima telepon serta menerima keluhan tamuPengetahuan tentang tata cara menerima tamu VIP, VVIP dan regulerPengetahuan tentang MICEPengetahuan tentang hubungan kerja dengan bagian lain dihotel, terutama bagian tata graha, food and beverage, akunting, maupun pemasaranPengetahuan tentang salesmanship Kemampuan Mampu melayani tamu dengan mempergunakan bahasa Indonesia, bahasa Inggris dan bahasa asing lainnyaMampu memberikan informasi tentang tipe dan harga kamarMampu melayani late check-outMampu melayani kedatangan tamu VVIP,VIP, Group maupun regularMampu melayani tamu check –in dengan atau tanpa reservasiDapat mempergunakan peralatan di kantor depan hotelDapat menangani berbagai sistem pembayaranDapat menggunakan alat-alat layanan business center (typing, internet)Dapat menangani keluhan tamuTrampil dalam menjual kamar-kamar hotel   Tugas Menerima Reservasi melalui surat / fax, email, dan melalui telepon baik perorangan maupun rombonganMelayani pembayaran dengan mempergunakan berbagai macam alat Pembayaran
  • Reservation
Pengetahuan Pengetahuan Hotel secara Umum, dan struktur organisasi kantor depan hotelPengetahuan tentang tugas pelayanan hotelPengetahuan tentang pembagian tugas dan uraian pekerjaan dibagian kantor depan hotelPengetahuan tentang tugas pokok/ fungsi dari kantor depan hotelPengetahuan tentang tools and equipment kantor depan hotelPengetahuan tentang pengelolaan administrasi dan prosedur kerja di kantor depan hotelPengetahuan tentang alat pembayaran serta tata cara pengelolaannyaPengetahuan tentang type kamar dan harga kamarPengetahuan tentang prosedur reservasi, baik melalui surat/fax ataupun teleponPengetahuan tentang pembatalan reservasiPengetahuan tentang business center (Typing, Internet)Pengetahuan tentang tata cara menerima tamu, menerima telepon serta menerima keluhan tamuPengetahuan tentang tata cara menerima tamu VIPPengetahuan tentang MICEPengetahuan tentang hubungan kerja dengan bagian lain dihotel, terutama bagian tata graha, food and beverage, akunting, maupun pemasaranPengetahuan tentang tata cara menyusun laporanPengetahuan tentang salesmanship Kemampuan Dapat melayani reservasi melalui berbagai caraDapat memberikan informasi tentang tipe dan harga kamarDapat menerima reservasi baik perorangan maupun rombongan Tugas Melayani Kedatangan Tamu VIP maupun tamu peroranganMelayani Pesanan Tamu GroupMelayani Kedatangan Tamu Check-In dengan atau tanpa Reservation
  • Concierge
Pengetahuan Pengetahuan Hotel secara Umum, dan struktur organisasi kantor depan hotelPengetahuan tentang tugas pelayanan hotelPengetahuan tentang pembagian tugas dan uraian pekerjaan dibagian kantor depan hotelPengetahuan tentang tugas pokok/ fungsi dari kantor depan hotelPengetahuan tentang tools and equipment kantor depan hotelPengetahuan tentang type tamu dan kebutuhannyaPengetahuan tentang bell desk/concierge service Kemampuan Mampu menangani kedatangan tamu berikut barang bawaannya, baik reguler, Group maupun VIPMampu melakukan penyimpanan barang tamu (Storage Guests Luggage)Mampu menangani baggage handling check in/out Tugas Menangani kedatangan tamu (handling baggage check in)Penanganan Keberangkatan tamu (Handling baggage check out)Penyimpanan barang tamu (Storage guest baggage)

b. House Keeping :

  • Line Attendant
Pengetahuan Pengetahuan tentang hotel secara umumPengetahuan tentang tugas pelayanan hotelPengetahuan tentang fungsi dan peranan bagian HousekeepingPengetahuan tentang struktur organisasi bagian HousekeepingPengetahuan tentang pembagian tugas dan uraian pekerjaan di bagian HousekeepingPengetahuan tentang peralatan yang dipergunakan dalam pelaksanaan tugas di bagian housekeepingPengetahuan tentang bahan pembersih linen (sutera, wool, katun, batik dan polyester)Pengetahuan tentang administrasi linen Kemampuan Dapat melayani permintaan linen di hotelDapat mengadministrasikan keluar-masuknya linenDapat menerima dan mendistribusikan pakaian seragam kerja Tugas Melayani permintaan linen di hotelMengadministrasikan keluar-masuknya linenMenerima dan mendistribusikan pakaian seragam kerja
  • Room Boy
Pengetahuan Pengetahuan tentang hotel secara umumPengetahuan tentang tugas pelayanan hotelPengetahuan tentang fungsi dan peranan bagian HousekeepingPengetahuan tentang struktur organisasi bagian HousekeepingPengetahuan tentang pembagian tugas dan uraian pekerjaan di bagian HousekeepingPengetahuan tentang peralatan yang dipergunakan dalam pelaksanaan tugas di bagian housekeeping, macam dan cara penggunaannyaPengetahuan tentang bahan pembersih lantai, kaca, kayu dan tembokPengetahuan tentang prosedur membersihkan kamar mandiPengetahuan tentang tata cara membersihkan tempat tidurPengetahuan tentang fasilitas yang ada di dalam kamar hotelPengetahuan tentang kelengkapan kebutuhan tamu yang menginap di kamar hotelPengetahuan tentang etika dan tata krama dalam menjalankan tugas di bagian housekeepingPengetahuan tentang menangani dan menyelesaikan keluhan tamu Kemampuan Dapat melakukan cara akses ke dalam kamarDapat membereskan tempat tidurDapat membersihkan dan merapihkan kamar hotelDapat membersihkan dan merapihkan kamar mandiDapat menata perlengkapan kamar hotel di trolleyDapat melengkapi kebutuhan tamu di kamar hotel Tugas Mengetahui cara akses ke kamar untuk pelayananMembersihkan dan merapihkan tempat tidurMembersihkan dan merapihkan Kamar dan kamar mandiMempersiapkan barang-barang kebutuhan perlengakapan kamar untuk tamu
  • Houseman
Pengetahuan Pengetahuan tentang hotel secara umumPengetahuan tentang tugas pelayanan hotelPengetahuan tentang fungsi dan peranan bagian HousekeepingPengetahuan tentang struktur organisasi bagian HousekeepingPengetahuan tentang pembagian tugas dan uraian pekerjaan di bagian HousekeepingPengetahuan tentang peralatan yang dipergunakan dalam pelaksanaan tugas di bagian housekeeping, macam dan cara penggunaannyaPengetahuan tentang bahan pembersih lantai, kaca, kayu dan tembokPengetahuan tentang Public Area Kemampuan Dapat membersihkan public area hotelDapat menggunakan peralatan kebersihanDapat mempergunakan bahan pembersih secara tepat Tugas Membersihkan public area

c. Food and Beverage

  • Waiter / Waitress
Pengetahuan Pengetahuan tentang pengertian dan fungsi pelayanan tata hidang di hotelPengetahuan tentang ruang lingkup pekerjaan tata hidangPengetahuan tentang struktur organisasi di bagian F&BPengetahuan MenuPengetahuan jenis-jenis perlengkapan dan peralatan makan dan minumPengetahuan tentang penataan meja makan (table setting)Pengetahuan tentang sistem dasar pelayanan makanan di restaurantPengetahuan tentang standar prosedur pelayanan makanan dan minuman (service courtessy)Pengetahuan tentang objek wisata dan event-event yang berlangsung Kemampuan Dapat berkomunikasiDapat tampil bersih dan menarikDapat menjelaskan bermacam-macam menu kepada tamuDapat menawarkan menu kepada tamuDapat menerima pesanan tamu (order taking)Dapat mempersiapkan perlengkapan dan peralatan makan dan minumDapat melakukan penataan meja makan (table setting)Dapat melaksanakan penyajian makanan dan minumanDapat menyelesaikan pekerjaan akhir (clear up)Dapat menangani keluhan tamu (Guest handling complaint Tugas Menata meja makan (table setting)Menyajikan makanan dan minumanMenata makanan untuk buffetMengambil dan memproses pesananMerapihkan meja dan kursi di restaurant
  • Banquet Staff
Pengetahuan Pengetahuan tentang struktur organisasi BanquetPengetahuan tentang ruang lingkup pekerjaan BanquetPengetahuan tentang penawaran event BanquetPengetahuan tentang jenis-jenis menu di BanquetPengetahuan tentang layout BanquetPengetahuan tentang pelayanan Banquet Kemampuan Mampu membuat penawaran event banquetMemahami jenis-jenis menu untuk BanquetMampu mendisain layout BanquetMampu melayani event Banquet Tugas Membuat Penawaran Banquet EventMempersiapkan Banquet EventMelayani Banquet Event
  • Room Service
Pengetahuan Pengetahuan tentang prosedur pemesanan room servicePengetahuan tentang mengambil dan memproses pesananPengetahuan tentang menyajikan hidangan makanan dan minumanPengetahuan tentang prosedur pembayaran Kemampuan Mampu menangani Permintaan tamu dengan cara yang ramah dan sopan sesuai dengan standar.Mampu menyapa Tamu dengan baik dan ramah.Mampu melaksanakan kegiatan room service tepat waktu. Tugas Menerima dan memproses pesanan di kamar hotelMengantarkan pesanan makanan di kamar hotelMenerima pembayaran